Waspada 5 Ciri Wasir Berdarah Sejak Dini

Friday, August 26th, 2016 - Wasir Berdarah

Wasir berdarah memang tidak tergolong penyakit kronis seperti jantung, hepatitis, struk, ginjal dan lain sebagainya. Akan tetapi penyakit ini cukup menyiksa sebab salah satu posisi yang kita lakukan sehari-hari adalah duduk, atau salah satu aktivitas manusiawi yang kita lakukan sehari-hari adalah BAB. Coba bayangkan, ketika kita dalam posisi duduk kemudian rektum (anus) terasa perih atau bahkan berdarah, otomatis kita akan merasakan nyeri yang amat sangat dan tidak fokus dengan apa yang sedang kita kerjakan.

Waspada 5 Ciri Wasir Berdarah Sejak Dini

Faktor pemicu munculnya ambeien cukup beragam, yakni terlalu sering duduk, makanan yang kita konsumsi rendah serat atau bahkan tidak berserat sama sekali, merokok dalam kuantitas yang berlebihan, terlalu sering ngeden atau mejen saat BAB serta kekurangan minum air putih. Semua itu berpotensi menyebabkan ambeien.

Ambeien dalam bahasa medis juga disebut dengan istilah Hemorrhoid atau wasir. Ambeien adalah pembengkakan pada daerah anus (baik di dalam maupun di luar) yang ditandai dengan adanya benjolan atau juga pendarahan. Ambeien di dalam atau ambeien internal dibagi menjadi empat kategori. Pertama ambeien stadium satu yang memiliki ciri anus mengeluarkan darah namun belum terdapat benjolan, kedua ambien stadium dua dengan ciri mengeluarkan darah dan keluar benjolan namun benjolan tersebut mengempis dengan sendirinya, ketiga ambeien stadium tiga dengan ciri memiliki benjolan dan berdarah dan benjolannya bisa masuk ke dalam anus dengan bantuan tangan dan terakhir ambeien stadium keempat dengan ciri rektum atau mulut anus tertutup benjolan sehingga sulit BAB.

Secara umum, ciri-ciri Ambeien adalah sebagai berikut:

  1. Rasa gatal disekitar dubur yang ditandai dengan adanya bintik-bintik merah kebiru-biruan.
  2. Adanya rasa panas berlebihan yang diikuti dengan keluarnya lendir di daerah sekitar dubur.
  3. Saat buang air besar, akan keluar darah.
  4. Terdapat benjolan di bagian luar anus dimana benjolan tersebut berisi pembuluh darah balik atau vena dan juga jaringan ikat elastis. Keduanya akan terlihat menonjol atau keluar saat Anda sedang dalam posisi duduk atau jongkok dan akan kembali normal saat posisi tiduran.
  5. Darah keluar utamanya saat wasir bergesekan dengan feses yang keras. Wasir dengan benjolan yang cukup besar umumnya memiliki selaput kulit yang sudah tipis sehingga ketika gesekan terjadi, akan mudah keluar darah. Tentunya, seseorang yang menderita wasir akan kesulitan BAB atau jika BAB mereka akan merasakan rasa nyeri luar biasa karean respon dari syaraf-syaraf di sekitar anus. Inilah alasan munculnya istilah wasir berdarah

Cara Mengatasi Wasir Berdarah

Untuk menjaga diri kita dari derita penyakit ambeien, atau untuk mengurangi rasa sakit karena penyakit wasir yang sangat menggangu, sebaiknya kita mengurangi aktivitas durasi duduk yang berlebihan atau mengurangi frekuensi duduk dengan cara menggantinya dengan aktivitas yang lain. Jika Anda adalah perokok aktif atau pecandu alkohol dan sudah menderita ambeien, ada baiknya Anda mengurangi kedua kebiasaan buruk tersebut dari sekarang sebab kedua aktivitas tersebut akan memperburuk kondisi wasir Anda. Kemudian, jika Anda sedang dalam kondisi sangat ingin BAB, dalam acara sepenting apapun mintalah ijin ke kamar mandi. Tentunya pihak yang bersangkutan akan maklum sebab ini adalah hal yang natural dan manusiawi. Selain itu, hindari mengangkat beban berat di luar batas maksimal kemampuan Anda. Ini akan menyebabkan Anda ngeden atau mejen sehingga menstimulus munculnya wasir atau memperparah benjolan. Terakhir, jika tidak ingin ngeden, don’t do it! apalagi dengan duduk berlama-lama di toilet. Ini akan memperparah kondisi wasir Anda atau akan memicu munculnya wasir. Agar BAB tidak pakai ngeden Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat sehingga feses yang dihasilkan tidak keras.

Paragraf diatas berisi tentang solusi pencegahan yang baik dilakukan untuk menghindari wasir. Pada bagian ini kita akan mengupas asupan alami yang baik untuk penderita penyakit wasir, yakni:

  1. Tape singkong, tekstur tape singkong cukup lembek dan akan melancarkan BAB anda.
  2. Pucuk daun jambu biji, ini adalah obat bagi wasir dan juga diare. Anda bisa mengambil pucuk daun jambu biji lalu rebus dengan air dan minumlah.
  3. Daun pegagan, seperti halnya pucuk daun jambu biji, Anda bisa mengolahnya menjadi obat dengan merebus lima batang daun pegagan dengan air.
  4. Pisang Ambon
  5. Sayur kangkung yang tidak pedas, jika Anda memasak sayur kangkung yang pedas, sama halnya Anda memberi obat sekaligus racun, hasilnya akan nihil.

Demikian ulasan mengenai wasir berdarah, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang membacanya.

Waspada 5 Ciri Wasir Berdarah Sejak Dini | fuad | 4.5