Kenali 10 Tanda-Tanda Ambeien Sejak Dini

Friday, August 26th, 2016 - Gejala

Secara medis, nama lain ambeien—penyakit yang cukup familiar di telinga kita—adalah Hemorrhoid. Ambeien adalah pembengkakan pada lubang anus (yang terdapat di luar atau di luar anus) yang mengakibatkan jaringan serta pembuluh darah di sekitar anus terasa sakit terutama ketika dalam posisi duduk atau sedang buang air besar. Dalam bahasa Indonesia, istilah ambeien juga disebut wasir. Banyak hal (yang tampaknya sepele) yang ternyata menjadi penyebab datangnya wasir ketika kita melakukannya secara kontinyu.

Kenali 10 Tanda-Tanda Ambeien Sejak Dini

Hal-hal atau aktivitas-aktivitas tersebut adalah mengonsumsi makanan yang pedas, duduk terlalu lama, minum minuman beralkohol, menahan buang air besar, minut obat-obatan yang mengandung kodein, dsb. Kegiatan tersebut jika dilakukan terus-menerus pada akhirnya akan mengakibatkan wasir. Ada dua jenis wasir yakni wasir luar atau wasir eksternal dan wasir dalam atau wasir internal. Wasir luar cukup mudah dikenali yakni dengan mendapati benjolan dibagian luar anus (rektum) sedangkan wasir dalam umumnya terjadi di daerah dentante. Wasir internal diklasifikasikan menjadi empat, yaitu:

  1. Wasir tingkat 1, pada level ini mulai terjadi pendarahan di daerah sekitar rektum atau anus, tetapi belum terdapat benjolan. Ketika Anda telah mendapati ciri-ciri ini pada rektum Anda, segeralah melakukan tindakan medis atau tindakan alternatif sehingga tidak memperparah keadaan.
  2. Wasir tingkat 2, pada tahap ini telah terdapat benjolan tapi masih bisa kempes atau hilang dengan sendirinya, atau masuk kembali. Tentunya pada tahap ini juga terjadi pendarahan.
  3. Wasir tingkat 3, tahap ini sedikit lebih parah dibanding tahap sebelumnya. Titik utamanya adalah pada benjolannya. Benjolan di tahap ini tidak bisa kempes atau masuk sendiri melainkan perlu bantuan tangan.
  4. Wasir tingkat 4 adalah tingkat wasir paling parah yang diidentifikasi dengan tertutupnya muara anus karena adanya pembekuan darah serta pengerasan benjolan.

Untuk megurangi dampak buruk munculnya penyakit ambeien pada tubuh kita sejak dini, kita bisa menanggulanginya dengan mengetahui tanda-tanda ambeien terlebih dahulu.

Berikut sepuluh tanda-tanda ambeien yang harus Anda ketahui:

  1. Mengeluarkan darah saat buang air besar. Untuk mengetahui apakah darah yang Anda keluarkan murni akibat penyakit ini, Anda bisa melakukan cek up ke dokter. Bisa jadi, keluarnya darah adalah akibat adanya penyakit lain di dalam tubuh.
  2. Muncul benjolan di sekitar rectum atau mulut anus. Benjolan tersebut berisi pembuluh vena atau pembuluh darah balik dan juga jaringan ikat elastis. Benjolan itu akan mengempis pada saat Anda rebahan, namun saat Anda jongkok benjolan itu akan Anda temukan kembali termasuk saat Anda sedang duduk di kursi.
  3. Rangsangan syaraf disekitar anus akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa di sekitar rectum.
  4. Pendarahan terjadi utamanya ketika wasir bergesekan dengan feses yang keras. Itulah sebabnya konsumsi makanan berserat sangat dianjurkan. Makanan yang berserat akan membantu memperlancar proses BAB Anda dan mengurangi rasa sakit utamanya ketika Anda sedang mengalami penyakit ambeien dan sedang BAB.
  5. Rasa nyeri karena wasir menyebabkan penderitanya susah duduk tenang. Ini adalah akibat mengerikan menjadi penderita Ambeien. Aktivitas yang Anda lakukan di kantor atau di sekolah akan sangat terganggu.
  6. Daerah dubur terdapat lendir. Setelah mendapati daerah dubur Anda berlendir, cek segera ke dokter meski belum terdapat pendarahan.
  7. Mengalami rasa gatal pada anus. Lendir yang keluar di daerah anus umumnya disertai dengan rasa gatal. Terdapat pula bintil-bintil merah di sekitar anus bersamaan dengan datangnya dua gejala ini.
  8. Keluar darah ketika buang air besar. Ambeien dalam stadium rendah, dengan feses yang tidak keras kecil kemungkinan untuk mengeluarkan darah. Sebaliknya, jika stadium menengah keatas dengan feses yang keras, gesekan yang terjadi antar feses dengan benjolan (dengan kulit jaringan yang tipis), akan mengakibatkan terjadinya gesekan dan berdarah. Tentu, sensasi sakitnya luar biasa.
  9. Mengalami rasa panas pada anus. Selain gatal-gatal dan juga bintil merah, Anda akan merasakan rasa panas pada anus ketika menderita ambeien.
  10. Susah buang air besar

Ketika Anda mengalami ambeien dimana Anda secara pribadi sudah jarang mengonsumsi sayuran, bisa dipastikan Anda akan kesulitan BAB sebab produksi feses yang keras. Atau, ketika ambeien yang Anda derita telah mengalami benjolan, sudah pasti Anda akan kesulitan saat BAB.

Agar penyakit ambeien tidak Anda alami, atau untuk mengurangi gejala Ambeien Anda, bisa Anda lakukan dengan menjaga pola makan seperti tidak mengonsumsi makanan yang pedas, tidak minum minuman beralkohol, tidak menahan buang air besar, tidak mengangkat beban yang terlalu berat dan tidak meminum obat yang berkodein. Anda juga bisa memanfaatkan jalur pengobatan alternatif yakni dengan mengonsumsi tape singkong, pucuk daun jambu biji yang direbus dengan air, pisang Ambon, sayur kangkung tanpa lombok, serta tumbuhan pegagan. Ambil lima batang tumbuhan pegagan, rebus dengan air sampai mendidih lalu minumlah. Semoga ulasan mengenai tanda-tanda ambeien dan hal lain yang berhubungan dengan penyakit ini bermanfaat bagi Anda semua.

Kenali 10 Tanda-Tanda Ambeien Sejak Dini | fuad | 4.5