Penyebab dan Obat Wasir Stadium 4

Wednesday, December 13th, 2017 - Pengobatan, Wasir Luar

Wasir atau dikenal juga sebagai ambeien adalah gangguan yang sangat umum terjadi di Indonesia. Setiap tahunnya kira-kira terjadi 2 juta kasus penyakit wasir di Indonesia. Gangguan wasir terjadi pada anus akibat adanya pembengkakan yang terjadi karena pelebaran pembuluh darah.

Apa itu Wasir dan Penyebabnya
Kondisi ini secara medis disebut sebagai hemorhoids. Pembengkakan pembuluh darah ini akan menimbulkan tonjolan pada anus yang jika tidak segera ditangani bisa semakin membesar dan mengganggu. Inilah yang menyebabkan pentingnya mengetahui informasi mengenai obat wasir stadium 4.

Wasir sendiri bisa muncul karena berbagai sebab, diantaranya:

– Kehamilan
Wasir yang menyerang ibu hamil adalah kondisi yang biasa terjadi. Ada beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil berisiko terkena gangguan wasir. Kondisi janin yang semakin besar akan menekan organ-organ dalam tubuh Ibu, tidak terkecuali pembuluh darah yang bisa tertekan alirannya. Selain itu, ibu hamil juga bisa mengalami wasir karena sebelumnya sudah mengalami sembelit akibat kurangnya asupan serat yang masuk ke dalam tubuh.

– Konstipasi ataupun diare yang terjadi dalam waktu lama
Konstipasi atau sembelit membuat Anda sulit untuk buang air besar sehingga biasanya diperlukan tindakan mengejan yang lebih kuat dibandingkan jika Anda buang air besar dalam kondisi normal. Kondisi mengejan yang lebih kuat dan lebih sering ini bisa mendorong terjadinya wasir. Diare pun sama, jika Anda bolak-balik ke kamar mandi dan jongkok dalam waktu yang lama, maka mulut anus lama-kelamaan bisa terdorong keluar dan menyebabkan terbentuknya wasir.

– Terlalu sering duduk dalam waktu yang lama
Duduk dalam waktu yang terlalu lama bisa menekan bagian pinggul dan pantat sehingga membuat aliran darah kurang lancar.

– Bertambahnya usia
Semakin tua usia akan semakin berkurang elastisitas kulit, sehingga seringkali kulit akan lebih mudah kendor, begitu pula jaringan-jaringan di anus. Kemampuan jaringan di anus untuk menahan dari terjadinya wasir akan melemah seiring bertambahnya usia.

– Mengangkat benda yang berat dalam waktu yang lama dan sering
Ketika mengangkat benda berat umumnya tubuh akan menegang dan biasanya bagian pinggul dan pantat juga ikut menahan beban yang diangkat. Posisi tersebut menyebabkan anus seperti dalam keadaan mengejan yang memicu wasir.

Klasifikasi Serta Tingkat Keparahan Wasir

Berdasarkan letak terbentuknya dalam tubuh, wasir dapat dibedakan menjadi wasir internal dan wasir eksternal, berikut penjelasannya lebih lanjut:

– Wasir Eksternal
Wasir jenis ini menyerang bagian luar atau di bagian anus. Wasir eksternal dapat terlihat dari luar dan umumnya menimbulkan rasa gatal dan sakit. Wasir eksternal umumnya lebih terasa sakit dibandingkan wasir internal karena di bagian luar anus terdapat lebih banyak saraf-saraf rangsang nyeri.

– Wasir Internal
Wasir ini merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di bagian dalam rektum. Wasir jenis ini biasanya muncul tanpa disertai rasa sakit, hanya saja memang terasa kurang nyaman pada daerah anus. Wasir internal juga bisa disertai dengan adanya perdarahan ketika buang air besar. Tingkatan wasir internal menurut keparahannya dibagi menjadi 4 yaitu:

1. Stadium I (awal)
Tingkatan pertama dari penyakit wasir ini dapat disebut juga sebagai gejala wasir. Pada wasir stadium I terjadi pembengkakan di bagian dalam anus. Pembengkakan ini biasanya masih berukuran kecil dan belum sampai menonjol ke luar. Tonjolan pembuluh darah kecil ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi terkadang membuat buang air besar tidak jarang disertai dengan sedikit darah. Stadium I wasir juga biasanya ditandai dengan adanya sedikitrasa tidak nyaman atau rasa gatal pada anus.

2. Stadium II (wasir sedang)
Tingkatan wasir sedang ditandai dengan adanya tonjolan pembuluh darah di dalam anus yang ukurannya lebih besar dibandingkan pada wasir stadium I. Pada tingkatan ini juga biasanya ditemukan adanya darah yang keluar bersama dengan tinja. Darah ini berasal dari pembengkakan pembuluh darah di dalam anus yang tertekan ketika proses pengeluaran tinja. Tonjolan pada wasir stadium II terkadang bisa terlihat di bagian luar anus ketika Anda buang air besar atau sedang mengejan. Tetapi, tonjolan ini akan kembali masuk dengan sendirinya setelah Anda selesai mengejan.

3. Stadium III (wasir menengah)
Tingkatan wasir menengah ini ditandai dengan tonjolan pembuluh darah yang ukurannya sudah lebih besar. Ukuran tonjolan yang lebih besar menyebabkan tonjolan ini sampai keluar dari anus dan terasa jika diraba. Tonjolan pada wasir stadiun III berbeda dengan stadium II sebelumnya yang bisa masuk kembali dengan sendirinya. Pada wasir stadium III tonjolan bisa masuk kembali namun harus dengan bantuan tangan. Pada stadium ini buang air besar hampir selalu disertai dengan keluarnya darah karena tonjolan pembuluh darah yang tertekan ketika mengejan akan pecah sehingga darah mengalir keluar. Rasa sakit pada wasir stadium ini biasanya sudah cukup terasa dan mengganggu.

4. Stadium IV (wasir parah)
Pada stadium in tonjolan pembuluh darah sudah berukuran semakin besar dan menggantung ke luar anus. Pada tahap ini tonjolan sudah tidak dapat dimasukkan kembali sekalipun dibantu menggunakan tangan. Tonjolan yang tidak dapat kembali masuk ini menyebabkan penderitanya merasa sakit pada bagian anus setiap kali bergerak. Pada stadium ini sebaiknya segera dilakukan tindakan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi agar tidak mengganggu kenyamanan dan kelancaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Ciri-ciri Wasir Stadium 4
Wasir stadium 4 adalah tingkatan terparah dan terberat dari gangguan wasir. Pada tingkatan ini biasanya pembengkakan yang terjadi sudah semakin besar dan mengganggu. Anda perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu sebelum mencari obat wasir stadium 4. Berikut ini beberapa ciri dari gangguan wasir stadium 4:

– Terasa sakit ketika duduk atau berjalan.
Benjolan akibat pembengkakan pembuluh darah pada wasir stadium 4 biasanya berukuran besar dan menyebabkan munculnya rasa sakit setiap bergerak.

– Buang air besar berdarah dan sakit
Anda patut waspada jika Anda merasakan sakit setiap kali buang air besar apalagi jika buang air besar Anda disertai dengan darah yang berwarna merah segar. Warna darah yang keluar dari tinja perlu Anda perhatikan. Jika darah berwarna kehitaman bisa jadi ada gangguan pada lambung Anda karena darah yang menghitam menandakan darah sudah keluar dalam waktu yang lama. Apabila darah masih bewarna merah segar berarti gangguan terjadi pada bagian rektum anus Anda yang dapat disebabkan oleh wasir. Darah yang keluar bersama dengan tinja pada penyakit wasir berwarna merah segar karena darah tersebut baru keluar ketika pembuluh darah yang membengkak pada anus tertekan ketika Anda mengejan saat buang air besar.

– Bagian anus terasa perih, gatal dan tidak nyaman
Perasaan tidak nyaman ini dikarenakan benjolan yang sudah berukuran cukup besar yang akan tertekan setiap kali tergesek atau Anda melakukan gerakan.

– Ada benjolan yang terlihat di bagian anus ataupun keluar dari dalam ketika Anda mengejan. Benjolan ini jika sudah memasuki stadium 4 biasanyamenggantung sampai ke luar anus dan sulit untuk dimasukkan kembali sehingga Anda memerlukan obat wasir stadium 4 yang tepat untuk mengatasinya.

Mencegah Munculnya Wasir
Menjaga pola makan dan gaya hidup adalah kunci utama untuk mencegah wasir menjadi semakin parah. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya wasir adalah:

– Minum air minimal 8 gelas sehari
Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi maka saluran pencernaan akan menjadi lancar serta tinja yang dihasilkan juga lunak.Tinja yang lunak mempermudah proses buang air besar sehingga mengurangi risiko terjadi wasir. Jangan sampai Anda kurang minum sampai dengan tinja mengeras karena akan sangat mempersulit proses buang air besar.

– Mengkonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi
Serat mutlak diperlukan untuk proses pencernaan. Jika konsumsi sayur dan buah segar dirasa belum cukup, Anda bisa menambah suplemen penambah serat untuk mencukupi kebutuhan serat harian.

– Aktif bergerak dan tidak duduk ataupun berdiri terlalu lama
Tubuh yang duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang telalu lama bisa menimbulkan sembelit. Sembelit ini jika sering terjadi bisa menyebabkan munculnya wasir.

– Rajin berolahraga
Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Tubuh yang rutin berolahraga akan terjaga dari risiko obesitas karena aktivitas olahraga mampu membakar timbunan-timbunan lemak di dalam tubuh. Jika Anda dapat menjaga berat badan maka Anda juga bisa terhindar dari penyakit wasir. Hal ini karena obesitas adalah salah satu faktor yang dapat memicu terbentuknya wasir.

– Mengubah posisi tidur bagi wanita yang sedang hamil
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa wanita hamil sangat rentan terkena wasir. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan tidur dalam posisi miring. Posisi ini membuat tekanan pada bagian panggul tidak terlalu besar sehingga dapat mencegah terbentunya pembesaran pembuluh darah di anus.

Obat Wasir Stadium 4
Jika sudah memasuki tingkat keparahan akut atau stadium 4 wasir perlu segera ditangani karena sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Wasir stadium 4 ini bisa diangkat melalui tindakan pembedahan atau operasi. Akan tetapi, tindakan operasi ini umumnya masih banyak ditakuti dan bisa menimbulkan efek lain pasca operasi. Oleh karena itu, ada beberapa alternatif obat wasir stadium 4 melalui prosedur medis tanpa perlu dilakukan operasi, diantaranya:

– Kauterisasi
Kauterisasi adalah proses pembakaran jaringan untuk menghilangkan pembengkakan jaringan akibat wasir. Proses pembakaran ini juga bertujuan supaya pembuluh darah di sekitar anus yang dibakar juga menutup. Kauterisasi dapat dilakukan menggunakan bahan kimia ataupun menggunakan bantuan listrik. Kedua metode kauterisasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Metode kauterisasi bahan kimia mungkin terdengar lebih aman untuk Anda yang takut dengan aliran listrik. Akan tetapi metode ini memiliki kekurangan karena bahan kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh masih berisiko untuk mempengaruhi jaringan tubuh lain. Sementara itu, untuk metode kauterisasi menggunakan aliran listrik, Anda tidak perlu memasukkan bahan kimia apapun ke dalam tubuh. Metode ini dilakukan dengan mengalirkan arus listrik ke jaringan wasir untuk membakar dan memperkecil ukuran wasir. Kekurangan dari metode ini adalah waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama dibandingkan kauterisasi bahan kimia. Anda bisa memilih metode yang sesuai dengan kondisi Anda. Obat wasir stadium 4 menggunakan prosedur medis ini lebih murah dari segi biaya dan bisa dilakukan dengan rawat jalan, sehingga lebih mudah dijalankan.

– Skleroterapi
Skleroterapi adalah tindakan menghilangkan benjolan akibat pembesaran pembuluh darah dengan cara menyuntikkan bahan kimia sklerosant ke dalam tubuh. Zat kimia yang disuntikkan sebagai obat wasir stadium 4 ini bisa berupa senyawa fenol. Suntikan skleroterapi ini membantu mengempeskan benjolan wasir dengan cara mengempeskan dinding pembuluh darah.

– Menggunakan obat wasir stadium 4 berbahan herbal
Beberapa tanaman herbal diketahui memiliki khasiat untuk membantu meredakan dan mengobati wasir yang sudah parah. Beberapa diantaranya adalah bawang putih dan daun ungu. Penjelasan lebih lengkap mengenai kedua obat herbal ini adalah sebagai berikut:

1. Bawang Putih
Bawang putih memang sudah diketahui memiliki banyak manfaat untuk meredakan penyakit dalam tubuh, tidak terkecuali wasir. Bawang putih biasa digunakan untuk meredakan nyeri pada berbagai anggota tubuh karena bawang putih memiliki kandungan yang bersifat sebagai antiseptik untuk mengeobati infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Pada kasus wasir, bawang putih bisa digunakan sebagai salah satu alternatif obat wasir stadium 4. Cara membuatnya adalah dengan menumbuk bawang putih sampai dengan halus kemudian mencampurnya dengan air sampai rata. Air dengan campuran bawang putih tadi dapat langsung dioleskan ke bagian tonjolan wasir yang sudah menggantung pada anus. Sifatnya yang alami membuat efek dari pengobatan menggunakan bawang putih ini tidak bisa langsung Anda lihat dalam waktu singkat. Anda perlu mengoleskan bawang putih ini secara rutin untuk mendapatkan khasiatnya dalam mengobati wasir.

2. Daun Ungu
Daun ungu yang memilki nama latin Graptophyllum pictum ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman perdu ini ternyata mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat wasir. Beberapa penelitian ilmiah sudah dilakukan untuk membuktikan kegunaan daun ini untuk mengurangi gangguan wasir. Daun ungu diketahui memiliki kandungan yang berfungsi sebagai analgesik dan anti inflamasi. Kandungan analgesik ini membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh wasir, sedangkan anti inflamasi membantu meredakan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah di anus. Ada beberapa orang yang sudah merasakan manfaat dari rutin mengkonsumsi rebusan air daun ungu ini. Wasir bisa mengecil dan hilang dalam waktu kurang lebih dua bulan dengan konsumsi rutin. Cara membuat obat wasir stadium 4 dari daun ungu ini juga terbilang mudah yaitu dengan merebus beberapa helai daun dalam air sampai dengan volumenya berkurang. Air rebusan dari daun ungu ini diminum dua kali sehari pada pagi dan sore.

Cara-cara tadi dapat Anda gunakan untuk obat wasir stadium 4. Kondisi yang sudah parah pada stadium 4 ini mengharuskan Anda untuk segera mengambil tindakan pengobatan. Jika cara-cara selain pembedahan belum dapat menyelesaikan gangguan wasir Anda, mungkin Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi racikan obat wasir stadium 4 dari bahan-bahan herbal yang sudah banyak beredar dan dijual secara umum. Konsumsi obat herbal secara rutin bisa membantu meredakan dan memperkecil tonjolan wasir. Anda bisa memilih metode pengobatan medis atau herbal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

================o0o================

Berikut adalah artikel lain tentang manfaat daun ungu yang terbukti mampu meringankan gejala wasir

Daun ungu untuk meringankan gejala wasir

ambejoss daun ungu

Daun Ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tiga jenis varietas yaitu daun berwarna ungu, hijau dan belang-belang putih. Varietas yang sering digunakan untuk wasir adalah yang berdaun ungu dengan nama latin Graptophyllum pictum yang memiliki sinonim nama Graptophyllum hortense Nees.

Tumbuhan ini memiliki nama daerah sebagai berikut: Pudin (Simalur, Sumatera), Daun ungu (Jawa Tengah), Handeleum (Sunda), Karaton (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi atau Kobi-kobi (Ternate), dan Dongo-dongo (Tidore).

Potensi Tanaman Daun Ungu

Daun ungu biasa digunakan sebagai tanaman hias, dan secara turun-temurun bagian daunnya telah digunakan untuk meringankan gejala wasir. Secara umum kandungan daun ungu antara lain alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, tanin.

Penggunaan Empiris

Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid).

Kurang mengkonsumsi serat dapat mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.

Zat aktif di dalam daun ungu yang dapat mengurangi bengkak adalah kandungan senyawa flavonoid yang diduga bekerja dengan mekanisme melalui efek penghambatan pembentukan prostaglandin pada jalur metabolisme asam arakhidonat.


http://www.pom.go.id/ppid/2016/buletin_edisiI_2015.pdf

ambejoss daun ungu

De Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Obat Tradisional (OT) dari dalam negeri, yang mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali budaya Nenek Moyang kita yaitu jamu tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu di lestarikan. Salah satu produk De Nature adalah Ambejoss yang terbuat dari ekstrak daun ungu, mahkota dewa, kunyit putih yang bisa membantu meringankan gejala wasir serta menjaga stamina maupun kesehatan penderita wasir

Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:

  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat Halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai slur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

ambejoss daun ungu

Kontak pemesanan:

087736500711 (Call/ Sms)

082134844244 (Call/ Sms/ WhatsApp)

Pin BB By. Request

Apakah belanja online itu aman? Jangan khawatir, berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Penyebab dan Obat Wasir Stadium 4 | seorangblogger | 4.5