Ciri-Ciri Gejala Wasir, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Saturday, October 14th, 2017 - Gejala, Pengobatan, Penyebab

Ambeien atau wasir merupakan sebuah penyakit yang diakibatkan oleh membengkaknya pembuluh darah yang ada pada arteria anus. Penyakit yang satu ini tentu sangat mengganggu karena menyebabkan nyeri, terutama saat buang air besar. Sebenarnya gejala wasir dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai faktor keturunan, kurang olahraga, hingga stress. Untuk itu, Anda harus mengetahui beberapa hal tentang wasir mulai dari gejala yang muncul, penyebab munculnya wasir, dan cara mengobati penyakit wasir secara alami.

Gejala Wasir: Penyebab, Ciri, dan Cara Mengobati
Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa penyakit wasir memiliki banyak penyebab, adapun penjelasanya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Genetika/ Keturunan
Setidaknya faktor genetika dapat memberikan pengaruh sekitar 40 persen untuk penyakit satu ini. Sebagian besar orang yang memiliki orang tua berpenyakit wasir, akan mengalami hal serupa dengan orang tuanya. Oleh karena itu apabila ternyata Anda mengalami Gejala Wasir, pastikan apakah penyakit tersebut merupakan penyakit turunan atau bukan. Jika bukan, berarti ada faktor lain yang membuat Anda menderita wasir.

2. Kehamilan
Kehamilan juga menjadi faktor yang menyebabkan wasir. Hal ini karena semua otot dan pembuluh darah di sekitar lubang vagina dan anus mengalami peregangan. Ini hanya terjadi saat usia kehamilan mencapai umur minimal 7 bulan.

3. Duduk Terlalu Lama
Faktor yang paling sering menyebabkan wasir adalah duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama dan kurangnya aktivitas olahraga ringan seperti jalan kaki dapat memunculkan penyakit wasir. Duduk terlalu lama yang dimaksud di sini juga termasuk dalam berkendara jarak jauh. Oleh karena itu, untuk Anda yang kurang olahraga dan sering bepergian baik mengendarai mobil atau motor, Anda memiliki kemungkinan untuk terserang wasir.

4. Diare yang Tak Kunjung Berhenti
Diare terus menerus juga mampu memunculkan penyakit wasir. Hal ini karena saat diare, kondisi otot dan pembuluh darah di anus tak normal.

5. Sembelit yang Cukup Lama
Tak hanya diare saja, sembelit atau sulit buang air besar juga menjadi faktor yang paling besar memunculkan gejala wasir. Mengapa? Hal ini karena saat sembelit, otot anus terlalu kaku sehingga saat kotoran di anus berhasil di keluarkan, tekanan yang terlalu keras saat buang air besar akan mendorong bagian dalam anus sehingga wasir pun terjadi.

6. Peregangan Otot Anus
Peregangan otot anus tak hanya terjadi saat hamil saja, hal lain yang dapat membuat otot anus meregang sehingga muncul gejala penyakit adalah melakukan hubungan seksual tak pada tempatnya.

7. Aktivitas atau Olahraga Angkat Beban yang Salah
Berolahraga memang baik untuk mengatasi wasir, namun apabila caranya salah, tak menutup kemungkinan penyakit wasir justru akan muncul. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga angkat beban, di mana semua otot difokuskan untuk beban berat, sehingga otot anus pun dapat meregang dan menyebabkan wasir.

8. Faktor Makanan
Makanan juga menjadi faktor yang cukup penting dalam munculnya penyakit wasir. Apabila makanan yang dikonsumsi kurang serat, maka kemungkinan munculnya berbagai masalah BAB dapat dirasakan mulai dari sembelit hingga wasir. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan serat tubuh sehari-hari. Tak hanya itu saja, asupan minuman juga penting diperhatikan agar BAB lancar dan jauh dari penyakit wasir.

9. Batuk yang Tak Kunjung Sembuh
Sebagian dari Anda mungkin bertanya, apa hubungan antaran batuk dan wasir? Meskipun batuk merupakan gangguan pernafasan, namun ternyata batuk yang tak normal, yakni batuk-batuk yang tak kunjung sembuh dapat memicu terjadinya pembengkakan otot dan pembuluh darah pada anus. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab gejala penyakit wasir.

Itulah beberapa penyebab munculnya penyakit wasir. Setelah mengetahui beberapa faktor yang memungkinkan munculnya wasir, hal lain yang juga harus dipahami adalah gejala apa saja yang muncul saat Anda menderita penyakit wasir? Mengetahui gejala munculnya wasir sangat penting agar Anda dapat cepat memberikan pengobatan agar penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah. Adapun beberapa Gejala wasir adalah sebagai berikut:

1. Keluar Darah Saat Buang Air Besar (BAB) dan Pendarahan Seusai BAB
Gejala wasir yang paling mudah ditemui adalah saat BAB, kotoran yang keluar akan disertai dengan darah berwarna merah gelap. Ini adalah hal yang dialami oleh semua penderita wasir. Saat gejala ini muncul, biasanya ketika seseorang BAB, maka hanya butuh dorongan ringan untuk mengeluarkan kotoran, padahal kondisi tidak sedang diare. Gejala yang lain adalah terjadinya pendarahan setelah BAB. Untuk gejala ini, dapat dikatakan bahwa penyakit wasir yang dialami dalam kondisi cukup parah dan memprihatinkan sehingga harus segera ditangani agar tak semakin parah. Mungkin saat BAB hanya sedikit darah yang keluar, namun ketika usai BAB, darah tetap muncul dari bagian anus.

2. Muncul Benjolan yang Tergantung pada Anus
Sebenarnya untuk benjolan sendiri yang menjadi ciri gejala penyakit wasir bukan hanya munculnya benjolan yang terlihat bergantung pada anus, namun juga dapat berada di dalam anus. Gejala yang satu ini lebih parah lagi apabila dibandingkan dengan pendarahan usai BAB. Oleh karena itu, disarankan apabila Anda mengalami gejala ini, segera periksakan kondisi tersebut ke dokter.

3. Rasa Nyeri Saat Duduk/BAB dan Rasa Gatal di Daerah Anus
Rasa nyeri mungkin akan dialami oleh siapa saja. Banyak orang beranggapan bahwa nyeri muncul karena terlalu banyak aktivitas yang dilakukan. Namun apabila nyeri tersebut dirasakan saat BAB atau duduk, maka jangan diremehkan. Ini adalah salah satu Gejala wasir tingkat awal. Di samping itu, munculnya rasa gatal di bagian anus. Rasa gatal adalah hal lumrah bagi setiap orang, namun sangat aneh apabila rasa gatal tersebut terjadi pada bagian anus. Apabila anus Anda gatal serta nyeri, kemungkinan ini adalah gejala penyakit wasir. Jadi jangan pernah meremehkan gejala yang satu ini. Penanganan yang terlambat untuk mengatasi gejala ini dapat berakibat fatal.

Adapun cara pencegahan dan pengobatan penyakit wasir yang dapat dilakukan setelah mengetahui berbagai penyebab Gejala wasir adalah sebagai berikut:

1. Banyak Konsumsi Makanan Mengandung Serat
Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa Gejala wasir dapat diatasi dengan cara memenuhi asupan serat tubuh. Setidaknya dalam sehari, konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat sebagai proses pencegahan dan pengobatan wasir. Contoh buah yang mengandung serat tinggi adalah mangga.

2. Olahraga
Berolahraga menjadi faktor paling penting untuk mengatasi penyakit wasir. Hal ini karena olahraga teratur dapat membuat kondisi otot serta pembuluh darah di seluruh tubuh lebih normal. Pasalnya wasir sendiri terjadi saat pembuluh darah dan otot pada anus mengalami kelainan. Oleh karena itu, sesibuk apapun agenda kegiatan yang Anda lakukan, jangan lupa meluangkan waktu untuk berolahraga, cukup 5 hingga 10 menit saja perhari.

3. Jangan Terlalu Lama Buang Air Besar
Cara mengatasi penyakit wasir selanjutnya adalah dengan tidak berlama-lama saat buang air besar. Mengapa? Hal ini tentu mengatasi agar otot dan pembuluh darah pada anus tidak terlalu keras bekerja. Apabila Anda menderita gejala wasir, jangan terlalu keras dalam mendorong keluar kotoran demi menghindari munculnya benjolan yang keluar dari anus. Waktu buang air paling lama adalah 20 menit, lebih dari itu, coba tahan demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti wasir.

4. Tak Boleh Duduk Lebih dari 5 Jam
Duduk terlalu lama menjadi salah satu faktor yang paling sering menyebabkan penyakit wasir. Hal ini karena tekanan yang didapatkan oleh otot anus serta pembuluh darah di dalamnya lebih besar karena harus menopang berat tubuh. Setidaknya dalam sehari, jangan biasakan duduk lebih dari 5 jam. Sesekali istirahatkan tubuh dengan berjalan-jalan di sekitar selama 5 menit dan lanjutkan kembali pekerjaan. Begitu juga dengan Anda yang suka berkendara jarak jauh. Meskipun harus buru-buru, jangan lupa untuk beristirahat sejenak dalam perjalanan.

5. Pengobatan Menggunakan Obat Herbal
Apabila kondisi Gejala wasir sudah parah, maka hanya ada satu cara yang dapat dilakukan, yakni pergi ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan herbal untuk mengatasi wasir.

Faktor makanan memang menjadi hal yang cukup penting dalam munculnya penyakit wasir. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat menderita penyakit wasir. Makanan tersebut adalah pertama, makanan asam dan pedas. Segala jenis makanan yang mengandung rasa pedas atau asam merupakan makanan utama yang harus benar-benar dihindari, terutama untuk penderita wasir. Mengapa? Hal ini karena makanan tersebut akan semakin memperparah kondisi pembuluh darah pada anus. Selain itu, makanan pedas juga berpotensi untuk menyebabkan diare yang semakin memperbesar kemungkinan munculnya gejala wasir. Kedua, makanan kurang dan kelebihan serat. Makanan yang mengandung serat memang dibutuhkan oleh penderita wasir, namun terlalu sedikit atau terlalu banyak kandungan serat pada makanan tersebut pun juga berpengaruh pada kondisi penyakit wasir. Kuncinya adalah konsumsilah makanan dengan serat yang cukup misalnya sehari, konsumsilah 2 buah mangga.

Ketiga, makanan instan. Seperti yang kita tahu bahwa apapun jenis dan bentuknya, makanan instan bukanlah makanan yang harus dikonsumsi, terutama untuk mereka yang menderita sebuah penyakit. Hal ini berlaku juga untuk penderita gejala wasir. Makanan instan biasanya mengandung bahan kimia yang tak baik dikonsumsi oleh tubuh secara berlebihan. Selain itu, makanan instan juga telah mengalami banyak sekali proses pengolahan yang secara otomatis mengurangi kadar gizi di dalamnya. Keempat, makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Makanan yang mengandung garam berlebih akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Hal ini juga mempengaruhi kondisi pembuluh darah pada anus. Anda tentu saja boleh mengkonsumsi makanan mengandung garam, namun jangan terlalu banyak garam di dalamnya. Dan yang terakhir adalah biji-bijan. Makanan terakhir yang harus dihindari oleh penderita wasir adalah biji-bijian. Meskipun biji-bijian baik untuk tubuh, namun kurang baik untuk Anda penderita wasir. Hal ini karena biji-bijian dapat menyebabkan sembelit serta gangguan pencernaan lain.

Demikian ulasan tentang penyebab gejala wasir, ciri-cirinya, serta cara mengobati wasir. Sebenarnya kuncinya hanya satu, yakni keseimbangan dalam beraktifitas dan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, maka penyakit wasir dan penyakit lain dapat dicegah agar tidak menyerang tubuh. Semoga bermanfaat.

================o0o================

Berikut adalah artikel lain tentang manfaat daun ungu yang terbukti mampu meringankan gejala wasir

Daun ungu untuk meringankan gejala wasir

ambejoss daun ungu

Daun Ungu termasuk tumbuhan perdu yang memiliki tiga jenis varietas yaitu daun berwarna ungu, hijau dan belang-belang putih. Varietas yang sering digunakan untuk wasir adalah yang berdaun ungu dengan nama latin Graptophyllum pictum yang memiliki sinonim nama Graptophyllum hortense Nees.

Tumbuhan ini memiliki nama daerah sebagai berikut: Pudin (Simalur, Sumatera), Daun ungu (Jawa Tengah), Handeleum (Sunda), Karaton (Madura), Temen (Bali), Kadi-kadi atau Kobi-kobi (Ternate), dan Dongo-dongo (Tidore).

Potensi Tanaman Daun Ungu

Daun ungu biasa digunakan sebagai tanaman hias, dan secara turun-temurun bagian daunnya telah digunakan untuk meringankan gejala wasir. Secara umum kandungan daun ungu antara lain alkaloid, pektin, asam formiat, glikosida, steroid, saponin, tanin.

Penggunaan Empiris

Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman. Ada dua tipe wasir yang lazim dikenal, wasir dalam (internal hemorrhoid) dan wasir luar (external hemorrhoid).

Kurang mengkonsumsi serat dapat mengakibatkan susah buang air besar (konstipasi), hingga penderita kerap mengejan. Pola defekasi yang tidak teratur pun serta jarangnya olahraga menjadi faktor pemicu timbulnya wasir.

Zat aktif di dalam daun ungu yang dapat mengurangi bengkak adalah kandungan senyawa flavonoid yang diduga bekerja dengan mekanisme melalui efek penghambatan pembentukan prostaglandin pada jalur metabolisme asam arakhidonat.


http://www.pom.go.id/ppid/2016/buletin_edisiI_2015.pdf

ambejoss daun ungu

De Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Obat Tradisional (OT) dari dalam negeri, yang mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali budaya Nenek Moyang kita yaitu jamu tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu di lestarikan. Salah satu produk De Nature adalah Ambejoss yang terbuat dari ekstrak daun ungu, mahkota dewa, kunyit putih yang bisa membantu meringankan gejala wasir serta menjaga stamina maupun kesehatan penderita wasir

Sekedar informasi untuk kenyamanan konsumen, bahwa produk dari perusahaan kami ini sudah memiliki:

  • Punya ijin resmi perusahaan dari kementrian kesehatan
  • Ijin BPOM, yang artinya sudah lulus uji stabilitas produk
  • Sertifikat Halal MUI, sehingga kehalalannya bisa di pertanggungjawabkan
  • Apoteker yang berpengalaman
  • Sudah melewati proses sortir bahan baku, guna menjaga mutu produk
  • Proses produksi sesuai slur CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik Dan Benar)

ambejoss daun ungu

Kontak pemesanan:

087736500711 (Call/ Sms)

082134844244 (Call/ Sms/ WhatsApp)

Pin BB By. Request

Apakah belanja online itu aman? Jangan khawatir, berikut adalah bukti bahwa perusahaan kami serius dan paketan barang kami sampai ke alamat konsumen:

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Testimoni obat wasir ambejoss 1

Ciri-Ciri Gejala Wasir, Penyebab, dan Cara Mengobatinya | seorangblogger | 4.5